√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (2024)

Home » Tabel T Statistika » Page 2

5 min read

Begitu pula sebaliknya, apabila kolom nomor 2 tabel distribusi t menunjukkan nilai yang lebih besar, maka itu artinya menunjukkan probabilita dua sisi atau dua arah. Setelah itu lanjutkan dengan melihat pada bagian di sebelah kiri. Bagian ini menunjukkan derajat kebebasan (degree of freedom) yakni mulai dari 1-200.

Baca Cepat :

Cara Mencari Nilai T Tabel

Sebelum kita membaca tabel T atau mencari t tabel, kita harus mengetahui apa saja yang ada pada tabel t tersebut. Terdapat beberapa hal yang wajib diketahui dalam melihat table t:

  1. Jumlah variabel penelitian (k)
  2. Jumlah observasi atau data atau responden (n)
  3. Signifikasi menggunakan dua sisi (sign)
  4. Rumus mencari degree of freedom atau derajat bebas (Df = n – k)

Tabel t ini bisa digunakan untuk menguji rata-rata hitung populasi di dalam sampel yang kecil. Proses pengujian untuk mencari nilai tabel t bisa menggunakan langkah-langkah cara mencari t tabel berikut ini.

  • Merumuskan Hipotesa Nol & Hipotesa Alternatif

Langkah pertama cara mencari nilai tabel t statistik adalah dengan menentukan hipotesa nol (H0) dan hipotesa alternatifnya (Ha). Langkah ini menjadi langkah yang berperan signifikan dalam proses keseluruhan.

  • Tentukan Nilai Alpha

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menentukan nilai alpha atau nilai taraf nyata. Tahap ini bertujuan untuk menentukan apakah nilai alphanya 1%, 5% atau berada pada taraf lain. Selain itu juga untuk menentukan titik kritis berdasarkan distribusi nilai t tabel.

  • Tentukan Uji Statistik

Setelah mengetahui nilai alphanya, langkah selanjutnya adalah menentukan uji statistik. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan rumus t tabel secara manual. Rumusnya adalah

Df = n-k

Dimana :

Df = degree of freedom

n = jumlah responden atau data

k = jumlah variabel penelitian.

  • Menentukan Daerah Keputusan

Jika sudah, langkah cara menghitung t tabel berikutnya adalah menentukan daerah keputusan. Maksudnya adalah menentukan daerah yang tidak menolak Hipotesa nol (H0) dan daerah mana yang menolak hipotesa nol.

  • Membandingkan Nilai Alpha dan Nilai Uji

Tahap terakhir adalah mengambil keputusan apakah menolak ataukah menerima. Cara mengambil keputusannya adalah dengan membandingkan nilai alphanya dengan nilai hasil uji t. Barulah setelah itu akan didapatkan nilai tabel t.

Contoh Soal Mencari Nilai T tabel :

1. Misalkan kita ingin mencari titik kritis distribusi t pengujian satu arah degan alpha = 0,05 dan derajat kebebsan DK sebesar 19, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (1)

  • Carilah angka 19 pada kolom df atau letakknya di paling kiri
  • Carilah kolom dengan nilai alpha = 0,05
  • Stelah itu tarik garisdari angka 19 pada kolom df ke arah kanan, sedangkan dari kolom dengan nilai alpha = 0,05 tarik garis ke bawah. Tentu akan mengalami pertemuan atau potongan dari keduanya.
  • Titik perpotongan dari kedua garis adalah nilai titik kritis dari distribusi t atau t tabel yang dicari, dalam kasus diatas yakni 1,729133

2. Misalkan kita ingin mencari kritis distribusi t atau t tabel pengujian satu arah dengan alpha = 0,05 dan derajat kebebasan DK sebesar 15, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (2)

  • Carilah angka 15 pada kolom df yang berada di paling kiri tabel
  • Carilah kolom dengan nilai alpha = 0,05
  • Tarik garis dari angka 15 di kolom df ke arah kanan dan dari kolom dengan nilai alpha = 0,05 tarik garis ke bawah. Tentukan titik perpotongan keduanya.
  • Titik perpotongan darikedua garis adlah nilai titik kritis dari distribusi t yang di cari, dalam kasus ini adalah 1,753050

3. Misalkan kita ingin mencari titik kritis distribusi t pengujian data dua arah dengan alpha = 0,05 dan derajat kebebasan DK sebesar 24, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (3)

  • Carilah angka 24 di kolom df yang berada pada tabel paling kiri
  • Carilah kolom dengan nilai alpha = 0,05
  • Tarik garis dari angka 15 pada kolom df ke arah kanan, lalu kemudian dari kolom dengan nilai alpha = 0,05 tarik ke bawah. Tentu akan bertemu titik perpotongan keduanya.
  • Titik perpotongan dari kedua garis adalah nilai kritis dari distribusi t yang di cari, daam kasus ini adalah 1,710882

4. Misalkan kita ingin mencari titik kritis distribusi t pengujian satu arah degan alpha = 0,05 dan derajat kebebsan DK sebesar 7, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (4)

  • Carilah angka 7 pada kolom df atau letakknya di paling kiri
  • Carilah kolom dengan nilai alpha = 0,05
  • Stelah itu tarik garis dari angka 7 pada kolom df ke arah kanan, sedangkan dari kolom dengan nilai alpha = 0,05 tarik garis ke bawah. Tentu akan mengalami pertemuan atau potongan dari keduanya.
  • Titik perpotongan dari kedua garis adalah nilai titik kritis dari distribusi t atau t tabel yang dicari, dalam kasus diatas yakni 1,894579

Cara Menghitung Tabel T

Nah, setelah mengetahui apa saja isi dan cara membaca tabel t, maka selanjutnya akan kami ulas bagaimana cara mengitung t tabel dengan menggunakan microsoft excel.

Juga bisa ditemukan langsung di tabel statistik atau t tabel yang ada pada buku statistik atau buku metedeologi penelitian. Cara menghitung t tabel, yuk langsung saja di bawah ini:

Cara menghitung t tabel yang pertama yakni dengan mementukan df ataupun dengan rumus df = n – k. Sehingga dalam paparan ini akan ditulis cara menghitung df pada tabel t jika belum di ketahui.

Pada kasus ini kita menggunakan dua variabel penelitian, jumlah responden atau jumlah datanya adalah sebanyak 15 dan taraf signifikannya adalah 5% namun karena ada dua sisi, jadi isignifikasinya 0,025. Dar data ini kita akan mencari angka t tabelnya:

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (5)

Page 2 of 3123

Show ALL

√ Download Tabel T pdf & Cara Membaca Tabel T Statistika (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kelle Weber

Last Updated:

Views: 5665

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kelle Weber

Birthday: 2000-08-05

Address: 6796 Juan Square, Markfort, MN 58988

Phone: +8215934114615

Job: Hospitality Director

Hobby: tabletop games, Foreign language learning, Leather crafting, Horseback riding, Swimming, Knapping, Handball

Introduction: My name is Kelle Weber, I am a magnificent, enchanting, fair, joyous, light, determined, joyous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.